Selasa, 21 April 2020

Beberapa Manfaat Jahe Merah Dan Cara penyajiannya

Manfaat jahe merah bukan hanya untuk menangkal virus corona, tapi lebih dari itu! Apa saja ya manfaatnya untuk kesehatan?


Jika ditinjau dari kandungan senyawa kimia dalam rimpangnya, terdapat zat gingerol, oleoresin, dan minyak atsiri yang tinggi.
Berbagai penelitian juga menyebutkan manfaat jahe merah adalah sebagai antiinflamasi dan antioksidan. Kandungan tersebut dipercaya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan virus maupun bakteri. Tak heran, Rutin mengonsumsi jahe merah sebagai langkah antisipasi melawan virus corona. Bukan hanya untuk menangkal virus corona, banyak manfaat kesehatan lain yang terkandung di dalamnya. Nah, apa saja ya manfaat jahe merah untuk kesehatan? Ini dia, 6 manfaat jahe merah lainnya selain untuk menangkal virus corona! Khasiat dan manfaat jahe merah bagi kesehatan :

1. Menurunkan tekanan darah Jahe merah mampu merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah. Sehingga darah dapat mengalir lebih lancar, dan kerja jantung untuk memompa darah pun lebih ringan.

2. Memperbaiki pencernaan Jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.

3. Mencegah penggumpalan darah penyebab stroke dan serangan jantung Kandungan Gingerol memiliki efek antikoagulan, yang dapat mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung. Kandungan ini juga mampu menurunkan kadar kolesterol.

4. Menetralkan tubuh dari radikal bebas Radikal bebas bisa menimbulkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Sedangkan paparan radikal bebas sendiri sangat sulit dihindari karena ada pada lingkungan sekitar. Seperti paparan sinar matahari, radiasi, ozon, asap rokok, asap kendaraan, polusi udara, bahan kimia industri, dan makanan yang dikonsumsi. Kandungan antioksidan pada jahe merah mampu menetralkan tubuh dari radikal bebas.

5. Meringankan kram perut Selain dengan obat medis, kamu para penderita asam lambung juga bisa merasakan manfaat jahe merah sebagai Senyawa fenolat pada jahe merah dapat meredakan iritasi dan mengurangi kontraksi lambung. Sehingga mengurangi risiko zat asam untuk bergerak naik ke kerongkongan.

6. Menambah stamina Jahe merah mampu melancarkan peredaran pada darah sehingga membuat pembentukan otot lebih baik dan sempurna. Jahe merah juga mampu meningkatkan kebugaran fisik dan menambah stamina. Para pria biasa menyebutnya sebagai obat kuat alami. Rasakan manfaat jahe merah dengan resep-resep ini Seperti yang telah disebutkan di atas, manfaat jahe merah untuk kesehatan sangatlah banyak. Untuk penyembuhan berbagai penyakit, kamu bisa membuat ramuan jahe merah yang ditambahkan bahan-bahan lain. Tak perlu bingung mencari resepnya.
   ‘Khasiat dan Manfaat Jahe Merah’ ini dia Resep jahe merah untuk berbagai penyakit! Bahan: - Jahe merah segar 250 gram - Buah mengkudu 40 gram - Daun dewa 30 gram - Daun ceremai 20 gram - Air putih 4 gelas Iris tipis semua bahan, cuci hingga bersih. Rebus dengan air 4 gelas, sisakan hingga 1,5 gelas. Saring rebusan tersebut dan diamkan hingga agak dingin.  Minum air rebusan 3 kali sehari pada pagi, siang, sore sesudah makan. Sekali minum setengah gelas. Asam urat:

Bahan:

- Jahe merah sebesar ibu jari
- Daun tempuyung 6 gram
- Akar tempuyung 7 gra,
- Kayu manis 0,25 gram
- Cengkih 0,25 gram
- Gula merah secukupnya
- Cuci jahe merah, daun, dan akar tempuyung hingga bersih, lalu rebus bersama bahan lain dengan air 500 m, hingga air rebusan berkurang setengah. Dinginkan dan saring.
Minum pada pagi dan malam hari masing-masing 20 ml. Untuk pencegahan, minum 1 kali sehari.




Bagi penderita kegagalan fungsi ginjal yang telah akut, dilarang minum ramuan ini Obat penambah daya Tahan Tubuh Bahan:

- Jahe merah 10 gram
- Lengkuas 30 gram
- Lada 5 gram
- Garam dapur 5 gram
- Mengkudu 1 buah yang matang
- Tumbuk jahe, lengkuas, lada, hingga halus - Tambahkan air perasan buah mengkudu Tabahkan air mencapai satu gelas.       Minum 2 kali sehari, pagi dan malam menjelang bangun masing-masing 1 gelas. Tambahkan garam, kuning telur dan madu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar